Jumat, , 03 Juni 2016 - 16:33 WIB

Review Konsep Mesin iGet di Vespa dan Piaggio

Mesin Baru Nuansa Baru, Apa Aja Hebatnya?

Previous Next

JAKARTA, DS. Hampir dipastiin buat ke depannya, skuter Piaggio dan Vespa yang belum dapet pembaruan hanya masalah waktu aja, kapan produk lain dari Piaggio, khususya di Indonesia, disematkan mesin berkonsep iGet (Italian Green Experience Technology), bray. Sebelum beli, ada bagusnya lo harus tahu seperti apa aja mesin terbaru yang dikembangin Piaggio di Italia, bray.

Mesin iGet ini bisa dibilang revolusioner bagi Piaggio buat line-up produk terbaru mereka, terutama untuk mesin 3V dan 4V, yang diantaranya tersemat pada skuter Piaggio Liberty 150 ABS, Piaggio Medley 150 ABS, Vespa Sprint dan Vespa Primavera. Terlebih lagi, Piaggio juga udah dapet label standarisasi emisi gas buang Euro 4 untuk produknya itu, bray.

Sejumlah fitur dan teknologi canggih dibawa oleh Piaggio pada keempat produk skuternya itu, yang kini baik brand Piaggio dan Vespa, menggunakan mesin yang hampir sama, iGet. Meskipun, secara teknis, di beberapa bagian, kedua brand ini menerapkan bagian-bagian komponen mesin yang berbeda. Apa aja? Simak di bawah ini, bray. Cekidot...

- Termodinamika: Piaggio menyulap sebagain komponen mesin seperti kepala silinder (Cylinder Head), silinder (Cylinder), pelatuk (rocker) mengusung sistem roller. Semua bagian ini mampu mengoptimalkan mekanisme mesin lebih ringan, gesit, dan minim gesekan.

- Crankshaft: Baik skuter Piaggio dan Vespa, menggunakan desain crankshaft yang sama. Sebelumnya desain crankshaft skuter Vespa berbentuk seigitiga. Dengan desain yang baru ini, mesin lebih minim getaran.

- Starter: Pengguna bakal ngerasain perubahan signifikan ketika menghidupkan mesin. Dengan mekanisme starter baru ini, starter jadi lebih brushless alias halus dengan sistem starter elektrik yang terhubung langsung dengan crankshaft. Skuter Vespa atau Piaggio udah ninggalin jenis starter Gear Driven, yang cenderung lebih menggaung ketika di-starter.

- Sistem pendingin: Ini hanya berlaku buat skuter Piaggio terbaru, Medley 150 yang ada di Indonesia. Piaggio seperti sekarang mengutamakan stabilitas variannya jauh lebih maksimal, bray. Pasalnya, sistem pendingin radiator yang tersemat di Piaggio Medley ditempatkan lebih ke dalam, sehingga ngurangi bobot kendaraan secara keseluruhan dan tentu aja, dengan sistem pendingin radiator mesin lebih tahan panas (overheat), emisi lebih ramah lingkungan.

- Cover Girboks: Di bagian ini Piaggio mengubah tutup girboks yang diklaim mampu ngurangin kebisingan pada bagian girboks, bahkan lebih halus. Imbasnya, lagi mesin minim getaran terutama di bagian CVT.

- Gearbox: Makin teknis lagi, Piaggio bahkan mengubah setingan di bagian girboks untuk meningkatkan rideability, kinerja dan konsumsi agar lebih optimal, bray.

- Regulator Inverter Start & Stop System (RISS): Ini bagian komponen yang membuat Piaggio selangkah lebih maju di Eropa. Pasalnya, dengan fitur RISS ini, konsumsi bahan bakar Piaggio Medley 150 ABS dan Liberty 150 ABS jauh lebih irit, karena mekanisme yang mampu memati dan menghidupkan mesin secara otomatis ketika berhenti dalam kisaran waktu 5 detik, bray. Sayang, skuter Vespa belum kebagian fitur ini, nih...

- Filter Udara: Semaksimal mungkin Piaggio ngasih berubahan pada varian dengan tujuan agar mesin lebih senyap dan halus. Filter udara pun mereka riset ulang, dan diklaim asupan udara jauh lebih baik dengan minim bisingan.

- EURO 4: Ubahan signifikan yang dilakukan Piaggio itu udah jelas ngasih sesuatu yang baru bagi pecinta skuter Italia, nih. Dari semua itu, Piaggio makin maju dengan menerapkan standarisasi emisi gas buang Euro 4. Alhasil, desain knalpot, baik skuter Piaggio dan Vespa, kini berbeda. Desainnya lebih panjang dibanding sebelumnya.

Nah, itulah beberapa bagian terbaru dari mesin, baik buat Piaggio dan Vespa, bray. Tergiur buat ngeboyong salah satu dari kedua brand itu, Piaggio dan Vespa? Jangan lupa cek harganya, ya.

Harga Produk Baru Piaggio & Vespa 2016 (OTR Jakarta):
- Vespa Sprint Rp 38,5 jutaan
- Vespa Primavera Rp 36,5 jutaan
- Piaggio Liberty 150 ABS (Standar) Rp 35,7 jutaan
- Piaggio Liberty 150 ABS (Sport) Rp 36,3 jutaan
- Piaggio Medley 150 ABS (Standar) Rp 44,2 jutaan
- Piaggio Medley 150 ABS (Sport) Rp 44,9 jutaan

Follow Duniascooter.com on: Fanpage Dunia Scooter | Twitter @Duniascooter_DS | Instagram @Duniascooter_DS | BBM Channel C0028BF1A

Komentar

Form Komentar

Community

Upaya Lindungi Generasi Penerus, Kutu Lombakan Mewarnain Helm Anak
Kutu Community
Upaya Lindungi Generasi Penerus, Kutu Lombakan Mewarnain Helm Anak

Rayakan HUT ke-7, HPCI Serukan Safety Riding
HUT Honda PCX Club Indonesia
Rayakan HUT ke-7, HPCI Serukan Safety Riding

Baksos Sekaligus Jajal Ketangguhan Ban
FDR Peduli Lombok
Baksos Sekaligus Jajal Ketangguhan Ban

Door to Door Campus, Honda Community Lirik Anak Muda
Vario Goes to Campus
Door to Door Campus, Honda Community Lirik Anak Muda

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA