Selasa, , 12 Juli 2016 - 11:00 WIB

Modifikasi Scomadi TL 50cc

Cangkok Mesin Piaggio Typhoon 50, Skuter Ini Tembus 16 hp!

Previous Next

INGGRIS, DS. Model-model skuter klasik dari Scomadi emang unik karena mirip banget sama Lambretta. Tapi bukan ini yang dipermasalahin Steve White, sang pemilik Scomadi TL50 4-Stroke, yang rela mengubah mesin aslinya dengan mesin Piaggio Typhoon 50.

Enggak cuma sampai di situ aja, Steve bahkan mengubah jeroan dapur pacu mesin skuter 50cc tersebut dengan paket kit dari Malossi 172 dan didukung karburator Dell'Orto 25mm dan knalpot keluaran Techningas, bray. Alasan doi rela mengubah Scomadi yang tadinya bermesin 4-stroke ke 2-stroke lantaran doi pengen skuternya punya karakter yang lebih "garing" sekaligus cepat, bray.

"Setupnya bekerja sangat baik dan juga dibantu oleh dealer lain. Kami sekarang telah membuat tujuh dari mereka, hampir rutin menjadi pekerjaan untuk kami," ujar Bob, owner dari Wildcat Scooter, dealer skuter asal Wales yang nanganin skuter milik Steve ini.

"Steve enggak ingin pakai mesin standar 125 4-Stroke Scomadi, tetapi dia ingin melaju cepat, merasa dan terdengar seperti Lambretta. Dia memesan mesin Scomadi 172 2-Stroke khusus dari dealer lain, seperti project yang telah kami posting di halaman Facebook kami. Dia menghubungi kami, menyukai apa yang kita katakan dan proyek itu," lanjut Bob.

Selama proses modifikasi ini, Bob sama sekali enggak ngalamin kesulitan. Karena kasus Steve ini udah pernah ditanganin koleganya Frank Sanderson dari Lambretta Innovation, bersama-sama dengan Paul Melici dari PM Tuning, bray.

Untuk nanganin mesin kecil disulap menjadi monster jalanan ini, Bob dibantu oleh kepala mekaniknya, Clare. Satu set mesin Piaggio Typhoon ini punya basic yang sama dengan Aprilia SR50, enggak masalah juga kalo mau ngubah mesin lagi karena ada pilihan lain, bray.

"Kami selalu mengesampingkan mesin asli 50cc. Mesin ini dibangun kembali, apa yang diinginkan oleh pelanggan, yaitu dimodifikasi menggunakan Malossi 172, dan kinerja lebih lainya seperti bearing kit, variator, port dan lain-lain," ujar Clare.

Satu-satunya ubahan pada Scomadi 172 milik pendukung setia klub sepakola, West Ham United, Inggris, ini pada bagian bracket engine mounting, yang dibuat oleh Frank Sanderson. Cara ini menjadi solusi aja kalo sewaktu-waktu pemiliknya pengen ngembaliin mesin standar Scomadi 125 miliknya, bray.

Satu keunggulan dari skuter Scomadi ini adalah kontruksi frame-nya memiliki modular sasis yang sama, dari Scomadi model 50 - 200cc, mirip dengan Vespa GTS. Tapi posisi baterai turut diubah, jadi sedikit mengubah geometri frame, dimana diameter roda belakang naik satu step dari 12 jadi 3 inci, dan wheel base lebih panjang 70mm.

Meski begitu, ubahan tersebut enggak mempengaruh skuter ini tetap stabil di trek lurus dan lincah di tikungan, bray. Saat di tes di atas alat dyno, skuter ini mampu memuntahkan tenaga lebih dari 16 hp, dengan berat ringan di bawah 100 kg. Kalo dibandingin sama model Scomadi model 200cc bermesin 4-stroke dengan tenaga 18 hp, tenaganya hampir seimbang, bray.

Untuk eksterior, Bob mempercantik tampilan skuter dengan cat dan tema striping yang terinspirasi dari klub sepakbola kesayangan Steve itu, bray. Warna didominasi biru serta dipermanis waran merah hati untuk striping. Lengkap juga dengan emblem logo Wildcat Scooter di bagian depan.

Data Modifikasi:
Mesin: Piaggio 50cc 2-Stroke, Silinder: Malossi kit 172cc, Karburator: Dell'Orto 25mm, Sok belakang: Bitubo

Project Leader: Wildcat Scooter, Albany St, Newport, Inggris
Source: Scooterlab.uk

Komentar

Form Komentar

Community

Upaya Lindungi Generasi Penerus, Kutu Lombakan Mewarnain Helm Anak
Kutu Community
Upaya Lindungi Generasi Penerus, Kutu Lombakan Mewarnain Helm Anak

Rayakan HUT ke-7, HPCI Serukan Safety Riding
HUT Honda PCX Club Indonesia
Rayakan HUT ke-7, HPCI Serukan Safety Riding

Baksos Sekaligus Jajal Ketangguhan Ban
FDR Peduli Lombok
Baksos Sekaligus Jajal Ketangguhan Ban

Door to Door Campus, Honda Community Lirik Anak Muda
Vario Goes to Campus
Door to Door Campus, Honda Community Lirik Anak Muda

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA