Senin, , 18 Juli 2016 - 14:11 WIB

Test Ride Vespa Primavera 150 iGet (Part II)

Perubahan Signifikan Vespa Primavera 150 iGet Menurut Mekanik

Previous Next

JAKARTA, DS. Sesi test ride kali ini parameternya agak sedikit berbeda dibanding artikel sebelumnya, bray. Sekarang DS bakal bahas sedikit agak teknis mengenai Vespa Primavera 150 iGet secara detail, mulai dari segi performa hingga aspek penting lainnya dari Vespa Primavera yang menggendong mesin berkonsep iGet (Italian Green Experience Technology) ini.

Tentu, seperti yang disinggung pada judul artikel ini, DS mengajak beberapa mekanik yang udah biasa 'ngoprek' Vespa modern kebanyakan di workshop-nya masing-masing. Pendapat mereka hampir semua kompak sama, dimana mesin iGet yang diterapkan pada Vespa Primavera 150 ini cukup signifikan dibanding pendahulunya.

Soal performa, tarikan awal Vespa Primavera ini, para mekanik punya pendapat yang sama, bray. "Perbedaan performa mesin cukup jauh, nih. Tarikan awal sampai 80 km/jam, motor lebih cepat. Kalo dibanding yang belum pake mesin ini, tarikan awal agak lambat. Mungkin karena masih baru kali, ya?" kata Robi Nurjama, mekanik dari Motrattivo dibilangan Pamulang, Tangerang Selatan.

"Tapi laju ke atasnya justru kebalikannya, ya. Buat ngedapetin performa atasnya kurang greget. Tapi overall, tarikannya bawahnya yahud, responsif. Dibanding Primavera dulu yang baru ini lebih smooth," ujar Wawan, mekanik dari Pro Scooter yang biasa ngepos di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan.

Lebih jauh, karakter mesin Primavera iGet ini menurut Wawan punya kesamaan dengan Vespa S125 3V, karena tarikannya lebih enteng. "Mungkin transmisinya pake punya Vespa S125, nih. Soalnya bentuk CVT lebih kecil dibanding Primavera dulu," lanjut Wawan.

Hal yang sama juga dirasain oleh Anugrah Wardhana, owner dari Vespa Garage. "Tarikannya makin mantap dibanding Vespa yang lama, kalo Vespa yang lama biasa yang dikeluhkan itu getar, mungkin karena masih baru jadi ini belum terasa, sama agak lemot buat tarikan awalnya," imbuh skuterist pengguna Vespa GTS yang akrab disapa Dhana ini.

Ada perbedaan mencolok dari segi handling untuk Vespa Primavera 150 iGet ini dengan pendahulunya, bray. Menurut Wawan, kedua suspensi depan-belakang dirasa agak bantet bin keras, bray.

"Kalo buat riding santai, soknya berasa keras banget. Tapi diajak manuver, motor malah enak, sok gak terlalu ngayun. Rebound sok nyaman banget kalo ngelibas tikungan," timpal Wawan yang diamini oleh Remon, salah satu Punggawa Pro Scooter.

Lebih detail lagi, Wawan juga ngasih keterangan dimana tabung sokbreker depan ternyata lebih tinggi dibanding Primavera sebelumnya. "Sok depan ternyata lebih tinggi, nih. Emang berasa juga waktu nyobain tadi, riding feeling gue bagian depan agak landai," bilang mekanik yang udah sering ngoprek Vespa Balap timnya.

Kalo menurut Dhana, sok keras masih bisa terbantu dengan jok yang dirasanya empuk dan nyaman, bray. "Mesin lebih halus, performa akselerasi 0-60 km/jam masih nyaman. Jok berasa lebih empuk dibanding Primavera sebelumnya. Sayangnya, pengereman depan masih kurang," terang Dhana.

Patut diketahui, Vespa Primavera 150 iGet ini udah dilengkapi sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), lho. Sistem pengereman berfungsi saat handle bagian kiri ditekan, bray. Informasi indikator ABS terdapat di panel instrument sebelah kiri, tapi sayangnya tata letaknya kurang pas dan malah lampu indikatornya gak menyala. Agak aneh emang, jadi buat sebagian orang gak begitu 'ngeh' keberadaannya saat kontak dinyalakan, bray.

Enggak berhenti sampai di situ aja, kalo pendapat Dhana, hal yang disayangkan dari Vespa Primavera baru ini adalah kedua roda depan-belakangnya yang masih menggunakan dimensi 11 inci dan single disc brake hanya bagian depan aja.

"Yang dirasa kurang itu masalah pelek. Kenapa masih pake ukuran 11 inci, karena pilihan bannya susah untuk ban kaya gitu dibanding model Vespa lainnya, kayak Sprint yang pakai 12 inci yang banyak pilihannya. Dan coba aja motor ini pake double disc brake, soalnya woro-woronya, sih, begitu," beber Dhana.

Tim DS dengan para mekanik handal ini pun nyoba mengecek lebih dalam lagi, bray. Ternyata Injektor untuk Vespa Primavera baru ini berbeda dari sebelumnya, begitu juga penempatan ECU yang dibuat terpisah dengan trhottle body dibanding sebelumnya.

"Mungkin Piaggio berkaca dari masalah recall lalu. Lihat aja, Injektornya mirip punya Sprint, ECU-nya pindah, desain box juga berbeda. Pokoknya, yang baru ini dibuat lebih safety lagi kayaknya,"

Berkaca dari kasus beberapa varian Vespa yang terdeteksi masalah recall karena bagian box penyimpanan yang mentok ke Injektor, di bagian ini Piaggio mengubahnya lebih safety lagi, bray.

Selain itu, sensor O2 atau yang biasa disebut lamda pada Vespa Primavera ini pun lain lagi, berbeda dengan pendahulunya yang memiliki bentuk kepala yang lebih besar.

"Kalo yang dulu bentuknya kecil banget. Yang ini justru bagus lebih besar, jadi kalo mau upgrade mesin, pakai lamda punya GTS juga bisa, nih. Knalpotnya juga lebih panjang dan bentuknya berbeda," kata Wawan sembari nunjukin lamda sebelumnya.

Vespa Primavera 150 iGet dijual dengan harga Rp 36,5 juta OTR Jakarta. Edisi terbaru dengan mesin iGet ini, PT Piaggio Indonesia memboyongnya dengan pilihan warna baru, yakni Grio Seta.

Komentar

Form Komentar

Community

Dear All Bikers, Kumpul Bareng di HUT MMC Outsider Chapter Banten
Mmc Outsiders Indonesia Chapter Banten
Dear All Bikers, Kumpul Bareng di HUT MMC Outsider Chapter Banten

Resmi, ARCI Sidoarjo Chapter Berdiri; Kompak, Santun dan Elegan
Berdirinya ARCI Sidoarjo Chapter
Resmi, ARCI Sidoarjo Chapter Berdiri; Kompak, Santun dan Elegan

Syukuran Anniv ke-2 TMO Berjalan Penuh Persaudaraan
Tangerang Max Owners (TMO)
Syukuran Anniv ke-2 TMO Berjalan Penuh Persaudaraan

Seru, Touring Wajib Ala ARCI Chapter Jakarta Bikin Mupeng
Aerox Rider Club Indonesia (ARCI) Chapter Jakarta
Seru, Touring Wajib Ala ARCI Chapter Jakarta Bikin Mupeng

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA