Rabu, , 24 Agustus 2016 - 12:56 WIB

Test Ride Piaggio Liberty 150 ABS iGet

Si 'Kancil' Dari Italia, Riding Position Yang 'Unik'

Previous Next

JAKARTA, DS. Hal pertama yang tester DS lihat adalah skutik yang sama sekali berbeda dengan lainnya, bray. Piaggio Liberty 150 ABS iGet ini sedikit lebih nyeleh dari segala bagian dari motor. Enaknya, skutik ini ditenagai oleh mesin barunya, iGet (Italian Green Experience Technology), performanya pun gak kalah sengit dengan skutik 150cc yang udah ada.

Dapet kesempatan peminjaman dari PT Piaggio Indonesia (PID), tim Duniascooter.com gak nyia-nyiain untuk lebih tahu apa aja perbedaan dari  skutik ini daripada pendahulu-pendahulunya, bray. Pasalnya, secara desain skutik ini disebut-sebut hanya ngalamin sedikit perubahan mendasar, seperti lekukan bodinya. Makanya, ciri khasnya tetap dipertahankan Piaggio sejak 18 tahun skutik ini muncul ke pasaran dengan total penjualan 900 ribu unit, bray.

Dengan begitu, desain ke-Eropa-annya ini melekat banget. Malah tetap kontroversial dengan ciri khas skutik yang menggunakan dimensi kedua roda yang  berbeda. Kalo sebelumnya di bagian depan pakai ukuran 15 inci, untuk yang  baru ini naik satu step jadi 16 inci, bray. Sementara bagian belakangnya tetap sama dari dulu, yakni 14 inci, bray. Kebayang dong, riding positionnya kayak apa?

Skutik ini dilengkapi bagasi di bawah jok yang cukup lapang, yakni 14 liter dan kapasitas tangki mencapai 6 liter, bray. Selain itu di bagian dek depan ada kompartemen yang dilengkapi USB Port bertegangan 12V. Langsung aja, pertama nyemplak di atas jok, tester DS ngerasa jok lumayan cukup lebar dengan tinggi 790mm. Rasanya memang lain kalo dibanding skutik lain. Dengan tester yang memiliki postur 175cm dan berat badan 65 kg, masih wajar dengan dimensi skutik tersebut, bray.

Langsung aja, putar kunci kontak, mata tester melongo langsung pada panel indikator, perpaduan antara analog dan digital tersaji mempermudah pengendara membaca semua kalibrasi dari motor, bray. Bagian sakelar motor juga lengkap, mulai dari tombol starter, mode hingga tombol pembuka jok yang menggunakan sistem elektrik, bray.

Uniknya, lampu senja LED tetap disuplai bertegangan DC meskipun belum menerapkan Automatic Headlight On (AHO). Keuntungannya bisa hemat daya listrik dari baterai, tapi memang harus selalu inget, nih, buat pengendaranya biar gak kena tilang, bray. Kita ajak jalan, yuk...

Mesin distarter, suara mesin terdengar cukup halus, bray. Seperti yang disinggung di atas tadi, skutik ini kontroversial lantaran sensasi riding position-nya aneh. Maksudnya, Piaggio Liberty 150 ABS iGet ini ngasih sesuatu yang berbeda, loe bakal ngerasa riding dengan skuter lawas Vespa karena posisi setang kemudi lebih rendah. Padahal struktur skuter lebih tinggi di bagian depan lantaran roda depan pakai ukuran 16 inci 90/80-16.

Tapi di samping itu, loe juga ngerasa ada sensasi nyaman dengan skuter yang lebih modern berkat beberapa fiturnya, pertama sok depan jenis teleskopik hidrolik dan belakang yang bisa diset hingga 4 step tingkat keempukannya, aman aja libas jalanan enggak rata. Didukung pula sistem pengereman yang udah ABS (Anti-lock Braking System) single channel hanya ke bagian depan. Aman, bray!

Enggak cuma itu aja, kedua rodanya turut mumpuni dengan tapak lebar meski dimensi ukuran berbeda seperti disebut di atas tadi, yakni depan 16 inci 90/80-16 dan belakang 14 inci 100/80-14, keduanya tubeless. Karena ini juga sensasi skuter ini jadi berbeda, bray. Padahal, kalo dilihat dari samping skuter ini lebih tinggi di depan, tetapi rasanya berbeda ketika loe di atasnya, bray. Terutama ketika tangan udah kendaliin stang kemudi, pasti berasa rendah.

Bicara pengendalian alias handling, Piaggio Liberty dengan mesin terbarunya iGet ini cukup powerful dan responsif, mudah aja menggapai kecepatan 0-60 hingga 80 km/jam, bray. Hal tersebut karena struktur mesin ngalamin beberapa perubahan. Klaim pabrikan, mesin baru ini minim gesekan sehingga membuat mesin jadi lebih halus, terutama di area transmisi. Disebut di area itu Piaggio membuat penyesuaian di beberapa bagian. Getaran di CVT juga demikian, berkurang ketika mulai dari rpm rendah.

Dan enggak bisa bohong, skutik ini lumayan berat dikendaliin, bray. Meski begitu, dengan performa di atas kertas; Power maksimum 9,6 kW (12,8 hp)/7.750 RPM dan torsi puncak 13 Nm/6.500 RPM, skutik ini juga cukup lincah dan nyaman meliuk-liuk di kondisi kemacetan meskipun bobot motor bikin cepat lelah, bray.

Piaggio Liberty 150 ABS iGet dirilis dengan dua model, yakni versi standar dengan harga Rp 35,7 juta dan versi sport dengan harga Rp 36,3 juta OTR Jakarta. Berminat buat meminangnya, bray?

Data Spesifikasi:
Tipe mesin: i-get 4 langkah, SOHC 3 klep berpendingin udara
Bore x stroke: 58 x 58,6 mm
Kapasitas: 154,8 cc
Tenaga maksimal: 13 dk/7.750 rpm
Torsi maksimal: 13 Nm/6.500 rpm
Pengabutan: injeksi
Starter: Electric
Rem depan: Cakram tunggal 240 mm dengan sistem ABS
Rem belakang: Tromol 140 mm
Ban depan: 90/80-16”
Ban belakang: 100/80-14”
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Suspensi tunggal dengan 4 setelan preload
Transmisi: CVT Otomatis
Bobot: 106 kg
Panjang: 1.945 mm
Lebar: 690 mm
Jarak sumbu roda: 1.340 mm
Tinggi jok: 787 mm
Kapasitas tangki: 6 liter (termasuk cadangan 1,5 L)
Standar emisi: EURO 3

Komentar

Form Komentar

Community

Hero Jaman Now, Berbagi Tanpa Melihat Jarak dan Waktu
Honda Vario Club Indonesia (HVCI)
Hero Jaman Now, Berbagi Tanpa Melihat Jarak dan Waktu

Rayakan HUT ke-5, SYMCI Berharap Harum di Indonesia
Anniverasy 5th of SYM Club Indonesia
Rayakan HUT ke-5, SYMCI Berharap Harum di Indonesia

Kehandalan Produk Astra Otoparts Iringi Touring JMC
PT Astra Otoparts
Kehandalan Produk Astra Otoparts Iringi Touring JMC

'Touring Lagi' Sekaligus Pengukuhan Nama Baru
Journalist Max Community; Touring Lagi
'Touring Lagi' Sekaligus Pengukuhan Nama Baru

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA