Kamis, , 24 Agustus 2017 - 17:24 WIB

Komparasi Honda SH150i & Piaggio Medley ABS

Harga Kompetitif Dari Dua Skutik Khas Eropa

Previous Next

JAKARTA, DS. Sepeda motor segmen skuter memang benar-benar ngga ada matinya, bray. Terbukti dengan test pasar yang dilakukan pabrikan Honda pada SH150i saat perhelatan International Motorcycle Show (IMOS) 2016 lalu, mampu menyita perhatian publik pecinta skuter. Namun, Piaggio Indonesia juga sebelumnya sempat membuat perhatian publik dengan Piaggio Medley ABS. Seberapa hebat dua skutik premium khas Eropa ini, simak ampe abis, ya.

Sudah barang pasti, skutik ini bakal jadi lawan baru di kelasnya, khususnya bertandem langsung dengan Piaggio Medley 150 ABS yang sudah lebih dulu mengaspal di Indonesia. Nah, yang akan kita bahas di sini dari sisi tampilan, fitur dan spesifikasi. Pasalnya Honda SH150i masih belum bisa diajak test ke jalanan, bray.

Sama-Sama Elegant

Kita mulai dari tampilan, kedua motor memang sama-sama ganteng khas Eropa dan cocok buat loe yang mau tampil elegant, sangat terlihat dengan lekuk body depan, kanan dan kiri bahkan hingga bagian buritnya nih, bray.

Bentuk lampu juga menjadi penentu tampilan kedua skutik ini, SH150i memberikan mika atau proyektor di bagian belakang, sedangkan desain lampu Medley cenderung lebih minimalis, namun terkesan sporty dengan dasi pada tameng. Untuk jok, pastinya loe ngga bakal kesempitan deh, pasalnya keduanya memiliki jok yang lebar.

Fitur Kelas Premium Khas Eropa

Sekarang kita adu kedua fitur motor ini bray, di bagian spidometer SH150i memiliki 3 bagian analog yang terdiri dari RPM, bensin dan radiator. Dan pada bagian digital ada odometer/trip serta jam.

Sementara Medley, komposisi panel spidometernya mirip mobil sport dan cukup lengkap, layar kiri terdapat indikator BBM, bagian tengah tachometer dan odometer perpaduan analog-digital, lalu sebelah kanannya ada indikator radiator, dan enggak lupa yaitu sinyal lampu sein, MID, indikator fitur Start & Stop System dan lampu utama.

Kalo Honda fitur Idling Stop System, Piaggio punya namanya Start & Stop System seperti yang disebutkan tadi. Mekanisme kerja kedua fitur ini sama persir, bray. Untuk SH150i, dengan fitur ISS atau tanpa ISS, konsumsi BBM bisa tembus 40,9 km/l. Sedang Medley, sayangnya belum ada uji coba internal yang dilakukan Piaggio Indonesia, bray. Jadi perlu dibuktiin, nih…

Enggak berhenti sampe di situ, fitur keamanan kedua skutik ini juga sama-sama mengaplikasi Smart Key System. Begitu juga system braking keduanya, sama-sama pakai Anti-lock Braking System (ABS), tapi agak sedikit berbeda. Honda SH150i bisa mengunci kedua roda depan-belakang dengan fitur ABS. Untuk Medley, hanya bagian depan dengan mekanisme dual channel, bray.

Selain itu, enggak kalah penting sekarang adalah tempat charger. Untung keduanya dilengkapi fitur USB Port 12V, jadi aman, deh. Belum bray, masih ada lagi yaitu tempat penyimpanan alias bagasi utama. Medley punya luas bagasi 25 liter dengan estimasi bisa jejelin dua helm half face. Sementara SH150i, utility box-nya cukup nyimpen satu helm berskala full face atau half face.

Performa BETI (Beda-Beda Tipis)

Terakhir untuk spesifikasi nih, bray. Honda SH150I dibekali mesin berkapasitas 153cc, single silinder, 4 tak, SOHC, transmisi otomatis, berpendingin cairan, dan tangkinya sendiri berkapasitas 7,5 liter. Performa di atas aspal, SH150i bisa capai Power maksimum di 14,4 dk pada 7.750 rpm. Untuk torsi maksimumnya sebesar 13,9 Nm per 6.500 rpm, bray.

Sementara Piaggio Liberty sudah dibekali mesin berkapasitas 154,8 dengan power maksimal 14,7 dk pada 7.750 rpm dan torsi maksimal 14,4 Nm per 6.500 rpm, dengan teknologi 4-tak SOHC 3 klep berpendingin udara. Suaranya juga sangat halus dengan teknologi i-Get (Italian Green Experience Technology). Teknologi ini diklaim membuat mesin lebih bertenaga dan ramah lingkungan, bray.

Terakhir yang menjadi penentu pilihan loe pastinya harga kan bray? Di Indonesia Piaggio Medley ABS dibanderol dengan harga jual Rp 44,2 juta, lalu untuk Honda SH150i, PT Astra Honda Motor (AHM) membanderol harga skutik ini Rp 44,9 juta. Cukup kompetitif dengan yang ditawarin keduanya nih, bray.

Komentar

Form Komentar

Community

Kota Pempek Kebagian Jadi Tuan Rumah MAXI DAY!
Maxi Yamaha Day 2017
Kota Pempek Kebagian Jadi Tuan Rumah MAXI DAY!

Hadir di Yamaha Maxi Day, ARCI Tebar Pesonanya
Yamaha Maxi Day Trenggalek
Hadir di Yamaha Maxi Day, ARCI Tebar Pesonanya

Rally Wisata KUTU COMMUNITY Jelajahi Sumatera Barat
KUTU Community
Rally Wisata KUTU COMMUNITY Jelajahi Sumatera Barat

JMO Bantu Korban Bencana Kebakaran Kebon Pala
Bakti Sosial Jakarta Max Owner (JMO)
JMO Bantu Korban Bencana Kebakaran Kebon Pala

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA