Rabu, , 30 Agustus 2017 - 15:00 WIB

Test Ride Vespa S125 i-Get

Mewah Tapi Ekonomis Ala Vespa S125 i-Get

Previous Next

JAKARTA, DS. Masuk dalam generasi ketiga kehadiran Vespa S125 i-Get mengalami beberapa perubahan braysis, mulai dari desain hingga teknologi yang hadir pada mesin berkapasitas 124,5 cc ini. PT Piaggio Indonesia terbilang percaya diri membawa motor ini, pasalnya perubahan skuter matik ini diyakini bisa memikat hati konsumennya. Seperti apa sensasinya? Baca terus sampai habis, ya.

Beragam trek jalanan coba tim DS lalui mulai dari jalur berkelok, track lurus hingga jalur berlobang, bahkan jalur yang sedikit krikil di kawasan Kalimalang coba dilewati, braysis. Dengan posture badan 178 cm dan berat badan 59 kg, motor ini membuat rider percaya diri. Pasalnya, motor ini memiliki jarak roda ke tanah 785 mm sehingga mudah untuk rider menapakkan kaki ke tanah. Tapi, untuk ukuran rata-rata orang Indonesia yang memiliki tinggi 165 cm seperti harus lebih jinjit.

Riding Position dan Handling

Posisi riding, loe dapat dengan mudah untuk mencari kenyamanan, pasalnya desain jok rider yang cukup luas. Joknya membuat berkendara terasa nyaman saat sendirian, namun untuk berboncengan agak meragukan lantaran desain jok cenderung pelit karena modelnya single seater. Meski begitu, masih bisa dinaiki boncengers dengan pengecualian mesti peluk sang pengendara.

Dengan rider yang cukup tinggi, pada bagian dek pijakan kaki terbilang cukup luas, bray. Udah jalan? Putar dulu kunci kontak ke posisi ‘on’. Jarak handle rem cukup aman saat selongsong gas mulai dibuka, masih bisa dijangkau, lah. Dengan kata lain, jari gak mungkin terus stand by pada posisi riding yang salah.

Ukuran ban depan 110/70-11 dan belakang 120/70-10 ditambah ukuran motor yang terbilang kecil, membuat Vespa S125 i-Get asyik buat diajak selap selip di kondisi jalur padat merayap. Walaupun, suspensi bekerja dengan baik terkadang standar tengah masih kerap berbenturan dengan jalanan tanggul atau jalanan berlubang, sedikit risih untuk didengar benturannya. Jadi memang mesti hati-hati, nih.

Perfoma

Teknologi i-Get membuat motor ini mudah mendapatkan kecepatan 0-60 km/jam braysis, dikecepatan tinggi pengaturan gas harus bisa loe sesuaikan untuk mendapat tenaga maksimal. Stop n go saat macet bukan jadi kendala berarti kok, apalagi deruman mesin terasa lebih smooth saat bukaan awal. Over all, performa Vespa S125 ini enggak begitu galak, juga enggak begitu lelet.

Desain

Jok motor sangatlah menjadi sudut perhatian pasalnya jok motor seakan bergaya cafe racer, terlihat lebih stylish pastinya. Tapi sekali lagi memang untuk mendapatkan kenyamanan sang boncenger sepertinya harus lebih waspada. Pilihan warna dan list chrome di bebebrapa bagian seperti list body, cover lampu dan cover spidometer semakin membuat desain skutik ini terlihat mahal, namun tetap terjangkau dengan harga Rp 29 jutaan OTR Jakarta.

Konsumsi Bahan Bakar

Bagaimana dengan keiritan mesin barunya ini? Pengetesan bahan bakar dilakukan dengan cara full to full berbahan bakar Ron 92. Tangki Vespa S125 I-Get mampu menampung 7 liter bensin, dengan menempuh jarak 76 km Palmerah - Pondok Gede - Ciledug, motor ini hanya menghabiskan bensin 1,864 liter bensin (Rp 15.378). Dengan begitu, dapat disimpulkan setiap 1 liter bensin mampu menempuh jarak 40,8 km. Jarak tempuh tersebut dengan gambaran lalulintas saat pengetesan adalah situasi jalanan pada umumnya, atau pada saat jam sibuk sore dengan batas kecepatan 60 km/jam.

Data Spesifikasi:

Mesin: i-Get, 4 langkah, silinder tunggal, 3 katup

Sistem Pembakaran: Injeksi

Kapasitas: 124,5 cc

Daya Maksimum: 10,2 dk / 7.600 rpm

Torsi Maksimum: 10,2 Nm / 6.000 rpm

Sistem Pendingin: Sirkulasi udara tekan

Transmisi: CVT

Suspensi Depan: Lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut tunggal hidrolik

Suspensi Belakang: Peredam kejut tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan

Rem Depan: Cakram 200 mm

Rem Belakang: Tromol 110 mm

Ban Depan: Tubeless 110/70-11"

Ban Belakang: Tubeless 120/70-10"

Panjang: 1.770 mm

Lebar: 705 mm

Jarak Sumbu Roda: 1.280 mm

Jarak Jok ke Tanah: 785 mm

Kapasitas Tangki: 7 liter

Emisi: EURO 3

Komentar

Form Komentar

Community

Bandung Lautan Max Series
Max Day 2 2017
Bandung Lautan Max Series

Hikmah di Balik Seduluran Baen Selawase
Kopdar Wajib & Sunmori ARCI Banyuwangi Chapter
Hikmah di Balik Seduluran Baen Selawase

Musda Dan Kopdargab Perdana ARCI Regional Jatim, Sakseesss Bray!
Aerox 155 Riders Club Indonesia (ARCI)
Musda Dan Kopdargab Perdana ARCI Regional Jatim, Sakseesss Bray!

Dear All Bikers, Kumpul Bareng di HUT MMC Outsider Chapter Banten
Mmc Outsiders Indonesia Chapter Banten
Dear All Bikers, Kumpul Bareng di HUT MMC Outsider Chapter Banten

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA