Jumat, , 27 Oktober 2017 - 10:43 WIB

Pilih Jaket Turing

Salah Memilih, Was-Was di Jalan

Previous Next

JAKARTA, DS. Salah satu perlengkapan keselamatan yang sangat penting saat melakukan turing selain helm adalah jaket, yang berfungsi tak hanya melindungi badan dari terpaan angin namun juga memberikan perlindungan jika terjadi kecelakaan dalam perjalanan.

Berbagai macam jenis bahan serta model yang ditawarkan di pasaran, meskipun sama-sama jaket namun ada baiknya menggunakan jaket yang memang diperuntukan untuk riding jarak jauh, karena telah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memberikan kenyamanan serta keamanan selama di perjalanan.

Hal yang pertama yang harus menjadi pertimbangkan adalah medan yang akan dilalui, “Dalam pemilihan jaket ada baiknya kita mengetahui medan serta daerah yang akan dituju, apakah itu daerah dingin atau panas, karena dari situ kita bisa mengambil keputusan untuk memilih tipe jaket yang akan digunakan,” ungkap Boyke Wirawan dari Motoritz sebagai penyedia perlengkapan biker.

Untuk medan dengan suhu udara yang dingin dapat menggunakan jaket yang mempunyai dua lapis atau lebih, ini untuk menjaga agar suhu tubuh tetap hangat selama di perjalanan serta jaket yang mempunyai kemampuan menjegal terpaan udara atau wind proof, sedangkan untuk daerah panas dapat menggunakan dengan bahan yang mempunyai sirkulasi udara atau bahan dengan pori-pori  yang dapat mengatur sirkulasi udara.

Ada beberapa jenis bahan yang digunakan untuk jaket, diantaranya Gore Tech bahan yang tahan air, namun masih memiliki pori untuk sirkulasi udara. Bahan ini biasanya digunakan untuk bagian luar jaket. Selain itu, ada yang menggunakan kulit, meskipun dilengkapi dengan lubang kecil untuk memperlancar sirkulasi udara, ternyata sangat rentan terhadap air.

Bahan lain yang digunakan adalah polar dimana bahan kain dengan serat seperti kapas, biasanya digunakan untuk lapisan dalam untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat, maskipun ada juga yang menggunakan untuk bagian luar jaket namun bahan ini tidak mempunyai kemampuan untuk menahan air.

Selain polar juga ada De-Dry, lapisan bagian dalam yang digunakan oleh jaket Dainese, dimana lapisan ini cukup tipis dan menyerap keringat serta sangat mudah kering sehingga memberikan kenyamanan saat berkenda.

“Poin berikutnya adalah fitur keselamatan, dimana sangat disarankan menggunakan jaket yang telah dilengkapi dengan pelindung atau body protector minimal pada bagian siku dan bahu, jika ingin lebih lengkap ada juga dengan pelindung pada bagian dada serta punggung yang biasanya untuk medan off road,” tambah Boyke.

Setelah memenuhi dua kriteria ini barulah masuk pada poin berikutnya yaitu model, dimana model dapat mengakomodasi kebutuhan selama perjalanan,”Model jaket dengan kerah tinggi yang menutupi bagian leher merupakan pilihan tepat karena bagian ini cukup rentan terhadapi dari terpaan angin, selain itu juga dilengkapi dengan beberapa kantong yang berfungsi menyimpan keperluan penting selama diperjalanan,” jalas David dari Respiro Store, Jati Padang.

Jika telah memenuhi semua kriteria tersebut barulah menyesuaikan dengan isi kantong, dimana harga dari jaket turing sangat bervariasi mulai dari yang premium seperti Dainese serta RS Taichi yang bisa di dapat  di Motoritz Mahakam maupun jaket turing dengan harga yang cukup bersahabat dari Respiro yang tersedia disetiap Respiro Store.

Komentar

Form Komentar

Community

Hero Jaman Now, Berbagi Tanpa Melihat Jarak dan Waktu
Honda Vario Club Indonesia (HVCI)
Hero Jaman Now, Berbagi Tanpa Melihat Jarak dan Waktu

Rayakan HUT ke-5, SYMCI Berharap Harum di Indonesia
Anniverasy 5th of SYM Club Indonesia
Rayakan HUT ke-5, SYMCI Berharap Harum di Indonesia

Kehandalan Produk Astra Otoparts Iringi Touring JMC
PT Astra Otoparts
Kehandalan Produk Astra Otoparts Iringi Touring JMC

'Touring Lagi' Sekaligus Pengukuhan Nama Baru
Journalist Max Community; Touring Lagi
'Touring Lagi' Sekaligus Pengukuhan Nama Baru

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA