Jumat, , 29 Desember 2017 - 14:10 WIB

Komparasi All New Honda PCX150 & Yamaha NMAX 155

Segmen Skutik Premium Makin Panas, Mana Yang Terbaik?

Previous Next

JAKARTA, DS. Segmen skutik premium 150 cc sebenarnya udah dimulai sejak tahun 2015 lalu, di mana untuk pertama kalinya Yamaha NMAX mulai menampakkan dirinya. Hanya saja, perbedaan sangat jauh antara Honda PCX150 dan Yamaha NMAX 155 ini dianggap enggak relevan untuk bersaing, lantaran kedua skutik 150 cc tersebut berbeda status produksi.

Tapi, enggak untuk tahun 2017 hingga ke depannya, segmen skutik ini mulai memanas kembali setelah PT Astra Honda Motor (AHM), mulai melirik produksi dalam negeri alias produk lokal buatan anak bangsa pada All New Honda PCX150, seperti yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada NMAX sejak 2015 lalu.

Well... sekarang pertarungan antara Honda PCX150 dan Yamaha NMAX resmi menggaung, siapa yang terbaik untuk memikat masyarakat Indonesia yang terkenal “hobi mengoleksi motor kekinian”.

DESAIN

Kita mulai dengan desain. Untuk Yamaha NMAX, sejak 2015 lalu hingga kini, sudah mengalami beberapa kali perubahan facelite dengan warna dan beberapa fitur tambahan. Contohnya, yang terbaru kini NMAX punya sebutan baru, yakni Yamaha NMAX 155 dengan warna baru tambahan; Full Black dan Biru. Untuk varian NMAX hitam, menggunakan warna pelek keemasan.

Untuk perubahan desain bodi, sejauh ini NMAX tetap yakin dengan model lawasnya sejak tiga tahun lalu, dengan lampu LED. Sementara All New Honda PCX150, nampak cukup signifikan meski secara basis, platform skutik ini enggak jauh berbeda dengan model lamanya. Kalau bray n sist ngeh, PCX150 ini sangat mirip dengan Honda PCX Electric dan Hybrid yang dikenalkan Honda Japan di Tokyo Motor Show 2017 pada November 2017 lalu.

Lampu depan cenderung lebih sporty. Desainnya menyerupai seekor ikan Hiu, antara lampu utama dan lampu sein dibuat menyatu. Oiya, lampu utamanya sudah berteknologi LED, ditambah terdapat lampu DRL (Daylight Running LED). Lihat ke belakang, desain lampu stoplamp dan seinnya cukup unik, bentuknya menyerupai huruf “X” dan full LED pula. Dengan begitu, desain buritan bodi belakangnya pun ikut berubah dari sebelumnya.

FITUR

Sebagai segmen skutik premium, Honda PCX150 dan Yamaha NMAX 155, masing-masing punya fitur unggulan. Seperti panel instrumen, NMAX 155 dan PCX150 sudah mengadopsi full digital, sehingga mudah untuk dibaca pengendaranya. Era saat ini skutik premium ramai dengan teknologi Smart Key System. Ini menjadi andalan keamanan untuk Honda PCX150 dan sayangnya belum tersedia untuk Yamaha NMAX 155, bray.

Kedua skutik ini sama-sama menggunakan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System). Hanya saja, Yamaha NMAX 155 terhubung dengan kedua rodanya dan Honda PCX150 hanya satu channel di bagian depan. Meski begitu, Honda PCX150 sudah memiliki rem cakram di bagian belakang sama seperti Yamaha NMAX, dan AHM menyediakan varian berbeda dengan tipe CBS (harga jauh lebih murah dibanding ABS). Aman, lah...

Enggak kalah penting yaitu ruang penyimpanan bagasi. Enggak ada perubahan buat Honda PCX150 yang memiliki ruang bagasi hingga 25 liter, dan untuk Yamaha NMAX memiliki kapasitas bagasi 23 liter. Yang jelas, meski selisihnya hanya sedikit, kedua skutik ini mampu menampung banyak barang.

Satu lagi, kaki-kaki skutik ini berbeda, ya. Honda PCX150 pakai ring 14 inci, depan 100/80-14 dan belakang 120/70-14. Sementara Yamaha NMAX 155 menggunakan ban ring 13 inci, depan 110/70-13 dan belakang 130/70-13. Oiya, berdasarkan update terbaru model skutik saat ini, Yamaha NMAX 155 di-upgrade menggunakan suspensi belakang dengan Tub-Tank, sementara Honda PCX150 belum. Meski begitu Honda terkenal punya suspensi belakang yang cukup nyaman digunakan, kok.

MESIN

Dari data spesifikasi, Honda PCX150 menggendong mesin 149,3 cc satu silinder (bore 57,3 mm x 57,9 mm – Square Engine), 4-stroke, SOHC, cairan pendingin dan berteknologi eSP (disebut-sebut minim gesekan). Kalau ditelusuri lebih jauh, spesifikasi mesin ini persis yang diterapkan atau digunakan oleh Honda Vario 150 eSP, dengan teknologi tambahan ACG, ISS (Idling Stop System).

Untuk Yamaha NMAX 155, pastinya sudah banyak tahu, kan? Yups, Yamaha Indonesia sama sekali enggak mengubah struktur mesin skutiknya. Di mana keunggulan NMAX memiliki teknologi VVA (Variable Valve Actuation), tanpa fitur teknologi SSS (Stop & Start Sytem) yang dimiliki Yamaha S atau Yamaha Aerox 155.

HARGA

Kedua skutik ini memiliki dua varian tipe berbeda, yang dapat dibedakan melalui sistem pengeremannya. Yamaha NMAX 155 hadir dengan dua varian non-ABS dan ABS, dijual seharga Rp 26,3 juta dan Rp 30,2 juta OTR Jakarta. Untuk All New Honda PCX150, AHM menyediakan dua varian CBS dan ABS, keduanya dijual dengan harga Rp 27,5 juta dan Rp 32 juta OTR Jakarta. Kompetitif banget...

Komentar

Form Komentar

Community

Jumat Merindu Bersama Babizip, Siap Bantu Sesama Pengguna Piaggio Zip
Baret Biru Zip Scooterhood (Babizip)
Jumat Merindu Bersama Babizip, Siap Bantu Sesama Pengguna Piaggio Zip

KUTU Kobarkan Persatuan dan Kesatuan Pencinta Vespa se-Indonesia
HUT KUTU Community ke-4
KUTU Kobarkan Persatuan dan Kesatuan Pencinta Vespa se-Indonesia

Vespa Hias Bakal Meriahkan Hari Kemerdekaan
KUTU Community
Vespa Hias Bakal Meriahkan Hari Kemerdekaan

Ciherang Jadi Destinasi Peserta PCX Luxurious Touring
PCX Luxurious Touring
Ciherang Jadi Destinasi Peserta PCX Luxurious Touring

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA