Jumat, , 05 Januari 2018 - 15:29 WIB

Test Ride Yamaha Triciy 155

Skutik Super Safe Dengan ABS 3 Channel

Previous Next

JAKARTA, DS. Kehadiran Yamaha Tricity 155 jadi pilihan menarik bagi penggemar skutik di Indonesia. Pasalnya, skutik roda tiga ini dihadirkan langsung oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dari Yamaha Thailand. Berbeda dengan Tricity 125 yang sebelumnya masuk Indonesia lewat importir umum.

Apa saja yang menarik dari skutik yang mempunyai mesin yang sama dengan Nmax ini? Kamal Firhad dari Safari Motor sebagai salah satu pemilik Tricity 155 secara sukarela memberikan kesempatan tim DS untuk mencoba dan mengupas kehebatan dan kekurangan skutik ini. Yuk, simak ulasannya!

Desain

Tampilan depan sangat modern dan futuristik dengan penggunaan lampu depan LED. Apalagi LED-nya ini sudah dilengkapi daytime running light (DRL). Lekukan cover dan lampu depannya ini senada dengan dua sepatbor yang mempunyai tarikan garis dinamis.

Naik ke atas, terdapat windscreen mungil lengkap dengan breket untuk dudukan plat nomor depan. Sayangnya, peranti ini agak kaku karena nggak bisa diseting tinggi-rendahnya, bray.

Untuk bagian buritan, stoplamp besar menyatu dengan lampu sein. Sekilas desain behel belakang juga tak nampak. Ternyata desainnya menyatu dengan bodi nyaris tak terlihat, tapi tetap fungsional saat digunakan.

Fitur dan Teknologi

Tentu yang membuat menarik Tricity dibanding sepeda motor Yamaha lainnya yaitu soal dua roda di depan. Sistem kerja roda depannya ini menggunakan teknologi Learning Multi Wheel (LMW) yang terdiri dari empat buah suspensi. Yamaha menamakannya Cantilerver Telescopic Suspension.

Untuk perangkat kenyamanan yaitu pengereman, di sini terdapat tiga buah sistem ABS teraplikasi pada masing-masing roda, baik depan maupun belakang. Jadi, ABS 3 channel tersebut bekerja sesuai fungsinya dengan teknologi Unifed Braking System. Teknologi ini membuat pengendara praktis cukup menarik tuas rem belakang, otomatis rem depan pun bekerja.

Selain itu, rem belakang juga ada double yakni rem cakram dan rem teromol. Rem teromol hanya berfungsi untuk Parking Brake Lock. Posisi tuasnya pun sama seperti yang ada pada Yamaha TMAX berada di setang sebelah kiri.

Saat melihat spidometer, pengendara juga sangat mudah membacanya. Spidometer digitalnya ini meliputi fuelmeter, penunjuk kecepatan, jam digital, indikator suhu udara, odometer, trip 1, trip 2, v-belt trip dan oil trip. Lalu, ada Eco indicator juga untuk membantu gaya riding secara efisien.

Kapasitas bagasi juga sangat besar yakni 23,5 liter. Bisa muat untuk helm half face dan bagasinya ini dilengkapi LED yang menyala saat jok dibuka. Kompartemen depan di bawah setang juga ada 12V outlet untuk pengisian baterai gadget.

Sayangnya, Tricity tidak bisa berdiri tegak mandiri seperti skutik roda tiga Eropa. Teknologi LMW-nya itu masih membutuhkan standar samping saat berhenti atau parkir. Makanya, saat di persimpangan lampu merah kaki tetap wajib turun, bray.

Performa dan Handling

Posisi tangan menggenggam setang agak tinggi namun tetap nyaman tanpa mengganggu kontrol saat riding. Tinggi jok 780 mm juga masih terbilang bersahabat untuk postur tinggi rider di atas 165cm. 

Tarikan awal saat gas dibetot juga sangat responsif meski tak seagresif NMAX. Mesin 155,1 cc berteknologi Variable Valve Actuation (VVA) mampu melesat 60-80 km/jam dalam waktu yang relatif singkat. Cukuplah buat menerjang lalu-lintas perkotaan.

Roda depan berukuran 14 inci dan belakang 13 inci juga cukup unik. Meski berukurannya berbeda, ternyata handling juga tetap maksimal. Bahkan mungkin itu juga yang membuat manuver Tricity lebih lincah dibanding skutik roda tiga Eropa seperti Piaggio MP3 atau Peugeot Metropolis 400i.

Saat diajak manuver sangat enteng serasa mengendalikan skutik biasa. Begitu juga saat menikung kencang kemudian berpindah arah juga ringan. Termasuk saat berputar arah juga nggak masalah, bray.

Pengaruh baik dari suspensi depan dengan jumlah 4 buah ditambah redaman sok belakang yang sangat empuk dibanding punya NMAX juga lebih mumpuni. Buktinya, tim DS tetap bisa enjoy ketika melibas polisi tidur jalur keriting sekalipun.

Untuk efisiensi bahan bakar juga tak jauh berbeda dengan NMAX. Konsumsi bahan bakarnya rata-rata 35-39 km/liter. Asyik juga, nih, Tricity, buat dijadikan motor harian tetap asyik dan nyentrik. Tapi tetap perlu adaptasi dulu khusus buat pemula. Riding dengan dua roda di depan dan setangnya yang cukup lebar kadang bikin kagok saat selap-selip di kemacetan.

Spesifikasi Yamaha Tricity 155

Dimensi
P X L X T: 1980 mm X 735 mm X 1210 mm
Jarak sumbu roda: 1350 mm
Jarak terendah ke tanah: 125 mm
Tinggi tempat duduk: 780 mm
Berat isi: 165 kg
Kapasitas tangki bensin: 7,2 L
Bagasi: 23,5 liter

Mesin
Tipe mesin: Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Diameter X Langkah: 58 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi: 10,5 : 1
Volume silinder: 155,1 cc
Daya maksimum: 14,8 dk / 8000 rpm
Torsi maksimum: 14,4 Nm / 6000 rpm
Sistem starter: Electric starter
Sistem pelumasan: Wet sup
Kapasitas oli mesin: Total = 1,00 L ; Berkala = 0,90 L
Sistem bahan bakar: Fuel Injection
Tipe kopling: Dry, Centrifugal Automatic
Tipe transmisi: V-belt automatic

Rangka
Tipe rangka: Underbone
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Unit Swing
Tipe ban: Tubeless Ban depan: 90/80-14M/C (43P)
Ban belakang: 130/70-13M/C (63P)
Rem depan: Hydraulic disc brake
Rem belakang: Hydraulic disc brake

Kelistrikan
Sistem pengapian: TCI
Tipe battery: YTZ7V
Tipe busi: NGK/CPR8EA-9

Buat Yang Mau Berlangganan Majalah DUNIASCOOTER Bisa Beli di BUKALAPAK atau TOKOPEDIA

Komentar

Form Komentar

Community

Wih, Riding Modis Ala HPCI
PCX Scooter Ride
Wih, Riding Modis Ala HPCI

Bukber Bareng Komunitas, Scooter Jam Ajak Kebaikan
Scooter Jam
Bukber Bareng Komunitas, Scooter Jam Ajak Kebaikan

Ramadhan Karim, Brisic Blusukan Sapa Anak Yatim
Berau Scoopy Automatic (BRISIC)
Ramadhan Karim, Brisic Blusukan Sapa Anak Yatim

Peringati Hari Buruh Dengan Style Berbeda
Jakarta Mods May Day 2018
Peringati Hari Buruh Dengan Style Berbeda

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA