Rabu, , 07 Maret 2018 - 14:12 WIB

Fakta Karakter Knalpot Standar Racing

Harus Tahu Plus Minusnya, Nih!

Previous Next

Jakarta, DS. Ada dua pilihan yang dihadapi pemilik motor ketika hendak mengganti knalpot racing baik itu full system atau slip on. Wah, jadi pusing juga, nih, kalau enggak tahu plus minus setiap jenis knalpot. Karena itu, yuk, kita telusuri faktanya, braysis. 

Jika menjatuhkan pilihan pada knalpot yang punya suara lebih lembut, ada anggapan peningkatan power jadi enggak signifkan. Sebaliknya, kalau pilih penyalur gas buang untuk mengangkat performa mesin, biasanya suara yang dihasilkan sangat bising.

Memang beberapa produsen knalpot saat ini punya racikan untuk membuat knalpot yang suaranya bersahabat dengan telinga, diiringi performa optimal. Tapi, harga yang ditawarkan cenderung lebih mahal.

Sebelum membeli, pahami dulu karakter dari model knalpot racing. Saluran gas buang dengan pipa diameter besar, dilengkapi silincer panjang, diperuntukkan untuk mengangkat top speed. Itu berarti kinerjanya maksimal di putaran atas, sehingga efek sampingnya tenaga di putaran bawah terasa loyo jika menggunakan mesin standar.

Buat para penyuka akselerasi, knalpot dengan silincer pendek lebih cocok untuk diaplikasi untuk tunggangan kesayangan, braysis. Aliran udara yang lebih cepat keluar dari mesin ke ujung knalpot, membuat tendangan balik udara ke mesin menjadi lebih sedikit, dampaknya tenaga yang dihasilkan lebih besar.

“Knalpot silincer pendek itu memang enak sekali untuk angkat power di putaran bawah. Angin lebih cepat keluar jadi akselerasi lebih cepat. Tapi, pasti suaranya berisik karena saringan (glass wool) yang digunakan sangat pendek. Udara yang bisa ditahan pun sedikit, jadi suaranya lebih bising terdengar cempreng,” jelas Bedur, Owner Bedur Knalpot di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Meskipun ditambah saringan lagi, peredaman suara pada silincer pendek ternyata enggak banyak pengaruhnya. “Dipakai saringan lagi pun tidak berubah suaranya. Bisa saja dibikin saringannya seperti bentuk belimbing, tapi powernya berkurang dan suara juga tetap nyaring,” lanjut Bedur.

Memodifikasi komponen mesin ternyata bisa sedikit mengurangi suara nyaring dari knalpot silincer pendek. “Ganti camshaft racing biasanya suara yang keluar lebih lembut, kalau bisa digerus lagi camhsaftnya, itu lebih enak suaranya. Kalau mau ngebass suaranya pakai silincer panjang,” ujar Bedur.

Tapi, masih ada pilihan kalau mau ganti knalpot racing pendongkrak kemampuan akselerasi, tanpa suara yang bikin telinga pengang, Braysis. “Memang untuk motor harian butuh torsi besar, karena lebih sering stop and go. Pakai silincer yang panjangnya minimal 25 cm, jangkauan peredamannya enggak terlalu pendek jadi suara bisa lembut. Performa juga masih dapat, nilai torsi enggak berkurang jauh (dibandingkan silincer pendek),” timpal Gondrong, Owner Workshop Knalpot SKR yang berlokasi di daerah Ciledug, Tangerang Selatan.

Di samping itu, pemilik motor harus apik saat berkendara jika memasang knalpot racing di mesin standar pabrik. “Pastinya ada risiko (kerusakan), karena suplai (bensin dan udara tidak sesuai). Harus hati-hati, buka gas jangan terlalu keras,” tegas Bedur.

Komentar

Form Komentar

Community

Stephen Langit Protect by Pertamina Lubricants
Stephen Langitan Solo Ride Adventure Jakarta London
Stephen Langit Protect by Pertamina Lubricants

Pacu Adrenalin, Stephen Langitan Bakal Gilas 30.000 Km
Stepehen Langitan Solo Ride Adventure Jakarta London
Pacu Adrenalin, Stephen Langitan Bakal Gilas 30.000 Km

Hampir Satu Dekade, AHJ Jaga Kekompakan
HUT Asosiasi Honda Jakarta
Hampir Satu Dekade, AHJ Jaga Kekompakan

HUT Pertama ARCI Sambut Jambore Nasional 1
Anniversary 1st ARCI Indonesia
HUT Pertama ARCI Sambut Jambore Nasional 1

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA