Jumat, , 25 Mei 2018 - 14:00 WIB

Plus Minus Kopling Pantekan

Jangan Bingung, Cari Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Previous Next

JAKARTA, DS. Tentu loe semua udah tahu kampas kopling satu ini, kan? Banyak yang bilang, kalo pakai kampas kopling 'pantekan' tarikan motor jadi lebih enak dibanding kampas kopling bawaan pabrik yang kadang gregel.

Hal ini jelas banget bikin bingung sebagian pengguna skuter matik, khusus pengguna Vespa, yang terkenal banyak ngeluh gregel saat tarikan awal. Kebanyakan mereka beralih dengan menggunakan kampas ini.

Dari telusuran DS lakukan berdasarkan nanya sana-sini bagaimana efek kampas ini pada kinerja motor. Ada yang ngakuin selama gunain kampas pantekan diklaim lebih enak. Ada juga yang tetap cari aman dengan gunain pakai orisinalnya. Katanya, kalo enggak gregel bukan Vespa namanya.

Nah, kita mesti tabayyun, bray. Cari tahu kurang lebih dari kampas pantekan ini dibanding kampas orisinal. Menurut Abdul Rahman, salah satu mekanik dari Pro Scooter, kampas pantekan dianggap enak karena katakteristik materialnya lebih lembut.

Kontruksi kampas pantekan bisa lebih tinggi dari kampas orisinal

"Kampas pantekan emang lebih enak karena bahannya lebih lembut. Dia materialnya, kan, dari serabut kayu, makanya enggak bikin gregel. Tapi kekurangan kampas ini ketahanannya enggak menjamin tahan lama," terang Oman, sapaan akrabnya.

Dibanding kampas orisinalnya, kata Oman, lebih unggul dari segi ketahanannya. Sebabnya, karena faktor material juga. "Yang orisinal, kan, bahannya dari serpihan asbes, sehingga bahannya terjamin berkualitas dan lebih tahan lama," jelasnya.

Contoh pengeleman pada kampas enggak rapih

Ciri khas dari kampas pantekan juga bisa diketahuin. Yakni bagaimana pengeleman pada kontruksi kampas. "Enggak rapih, ya, dari yang saya lihat. Kontruksi kampasnya lebih tinggi, mungkin mengejar ketahannya. Tapi namanya bahan dari serabut kayu, pasti enggak akan lama," timpal Oman.

Uniknya lagi, faktor kuat lainnya adalah soal harga. Kampas pantekan terbilang laku banyak karena harganya jauh lebih murah dari orisinal. Hampir setengah harganya, bray.

"Bicara harga, kampas pantek lebih murah tapi ketahanan gak menjamin lama. Kampas orisinal, sedikit lebih mahal, tapi ketahanan lebih awet," tandas Oman.

Menurut kisaran harga yang dibocorin Oman, harga kampas pantekan dijual di kisaran Rp 450 ribuan dan harga kampas kopling orisinal dijual mulai dari Rp 700-800 ribuan (kalau beli langsung di dealer resmi). Katanya, Pro Scooter bisa jual mulai dari Rp 1 - 1,1 juta.

Komentar

Form Komentar

Community

Wih, Riding Modis Ala HPCI
PCX Scooter Ride
Wih, Riding Modis Ala HPCI

Bukber Bareng Komunitas, Scooter Jam Ajak Kebaikan
Scooter Jam
Bukber Bareng Komunitas, Scooter Jam Ajak Kebaikan

Ramadhan Karim, Brisic Blusukan Sapa Anak Yatim
Berau Scoopy Automatic (BRISIC)
Ramadhan Karim, Brisic Blusukan Sapa Anak Yatim

Peringati Hari Buruh Dengan Style Berbeda
Jakarta Mods May Day 2018
Peringati Hari Buruh Dengan Style Berbeda

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA