Jumat, , 22 Juni 2018 - 17:15 WIB

Review 7 Skutik Mewah di Eropa

Mana Pilihan Idaman Loe, Bray?

Previous Next

JAKARTA, DS. Sepeda motor jenis skuter sudah populer hampir di seluruh dunia. Tidak hanya menjadi perangkat mobilitas, skuter kategori premium sudah menjadi item gaya hidup buat pemiliknya. Berikut ini, tim DS punya rangkuman tujuh skuter mewah yang eksis di Eropa, Braysis.

Honda X-ADV

Pada tahun 2016 lalu, Honda merilis produk skuter bergaya rally, Honda X-ADV. Motor tersebut merupakan titisan dari Honda CRF1000L Africa Twin. X-ADV punya ground clearance cukup tinggi, yakni 162 mm, sehingga cukup mumpuni untuk melibas jalur ekstrim di area off-road.

Motor tersebut dibekali mesin berkapasitas 745cc parallel twin yang mampu memuntahkan torsi maksimal 68 Nm pada 4.750 rpm dan klimaks tenaganya mencapai 55 daya kuda saat menginjak 6.250 rpm. Distribusi tenaga mengalir lewat transmisi dual clutch dengan dua pilihan mode transmisi, yakni mode ‘D’ untuk berkendara normal dan mode ‘S’ bisa digunakan saat ingin mencari kecepatan atau masuk ke trek menantang dengan entakan lebih responsif. Sedangkan mode transmisi manual juga bisa dipilih lewat tombol yang tersemat di stang.

Honda X-ADV dibanderol sekitar Rp 160 juta di Eropa.

Honda NM4 Vultus

Varian skutik premium lain dari Honda, yakni NM4 Vultus. Skuter bergenre cruiser ini punya segenap teknologi mutakhir untuk menunjang kebutuhan pengguna. Di antaranya, transmisi dual clutch dengan pilihan mode manual 6-percepatan. Perangkat pengereman dikawal sistem Anti-Lock Braking System (ABS) dua kanal.

Honda NM4 Vultus ini desainnya nyaris menyerupai mobil Batman, Bray, unik ya. Dengan seat height hanya 650 mm, skuter tersebut bisa dikendalikan dengan mudah oleh pengendara bertubuh pendek. Tapi, harus ekstra hati-hati, karena bodi Vultus terbilang lebar dan bobotnya lumayan besar, yaitu 245 kilogram.

Yamaha T-Max

Yamaha juga punya line-up skuter premium untuk pasar Eropa. Salah satunya Yamaha T-Max. Skuter yang satu ini mengusung desain sporty,tapi tetap mengutamakan kenyamanan pengguna.

Yamaha T-Max mengandalkan sumber tenaga dari mesin dua silinder berkapasitas 530cc. Tenaga dorong yang dihasilkan senilai 45,8 daya kuda pada 6.750 rpm, didukung entakan torsi 52,3 Nm pada 5.250 rpm.

Suzuki Burgman 650

Kalau bicara skuter mewah, Suzuki tidak ketinggalan dengan pabrikan Jepang lainnya. Pabrikan berlogo ‘S’ punya jajaran skutik premium, seperti Suzuki Burgman 650. Skuter dengan mesin DOHC berkapasitas 638cc ini dirancang untuk memberikan sensasi berkendara nyaman untuk penggunanya.

Suzuki Burgman 650 punya jok berukuran besar, dilengkapi sandaran pada bagian pengendara dan penumpang. Di samping itu, Suzuki memberikan fitur adjustable windscreen yang dikendalikan lewat remot. Dengan begitu, pengendara bisa menyesuaikan posisi windscreen sesuai keinginan. Pada tipe eksekutif, dilengkapi fitur heated grips, yang bisa memberikan kehangatan di tangan pengendara ketika berkendara dalam temperatur udara rendah. Canggih juga ya, Bray.

BMW C650

BMW Motorrad punya produk skutik yang juga berlabel premium. Yup, skuter  yang dimaksud yakni BMW C 650 GT. Motor beraliran sport tourer ini punya performa mesin dan kemampuan handling mumpuni, jadi asyik diajak touring jarak jauh.

Mesin 640cc dengan sistem transmisi CVT mampu mengalirkan tenaga dorong hingga 59 dk dan torsi puncak 66 Nm. Supaya lebih aman, BMW membekali BMW C 650 GT rem dual cakram untuk roda depan dan cakram tunggal untuk belakang yang dilengkapi sistem ABS, Braysis.

Aplikasi garpu depan upside-down dengan diameter tabung 45 mm dipadukan konfigurasi single side swing arm diyakini mampu mengangkat kualitas handling motor.

Piaggio MP3 500

Kalau motor yang satu ini sih sepertinya enggak asing buat penyuka skuter. Piaggio MP3 500, skuter roda tiga ini cukup menarik perhatian konsumen di Eropa. Selain desainya unik, skuter ini menjadi pilihan konsumen karena kenyamanan yang diberikan. Dengan penggunaan tiga roda, pengendara tidak perlu repot menjaga keseimbangan motor dengan kaki, selain itu juga tentunya lebih aman ketika berbelok.

Dimensi bodi MP3 500 nan bongsor memberikan ruang yang luas untuk pengendara dan pembonceng. Selain itu, bagasi penyimpanan di bawah jok juga besar, mampu menampung dua helm full face sekaligus.

Aprilia SRV 850

Aprilia dikenal sebagai salah satu produsen motor sport bertenaga gahar, serta menjadi pabrikan peserta kompetisi MotoGP. Di samping itu, brand asal Italia tersebut juga punya produk skuter premium. Satu di antara line-up model skutik, yakni Aprila SRV 850.

Skuter tersebut tidak sekadar punya tampilan mewah, tapi mesin yang digunakan pun menakjubkan untuk sebuah skuter matik. Aprilia SRV 850 mendapatkan jatah mesin 839 cc konfigurasi V-Twin 90 derajat. Tenaga dorong yang mampu dihasilkan setara 76 dk pada 7.750 rpm dan torsi puncak 76,4 Nm pada 6.000 rpm.

Kemampuan handling motor ditunjang kolaborasi gardu depan teleskopik, dengan suspensi belakang monoshock yang punya tujuh level setelan spring preload. 

Komentar

Form Komentar

Community

Rayakan HUT ke-7, HPCI Serukan Safety Riding
HUT Honda PCX Club Indonesia
Rayakan HUT ke-7, HPCI Serukan Safety Riding

Baksos Sekaligus Jajal Ketangguhan Ban
FDR Peduli Lombok
Baksos Sekaligus Jajal Ketangguhan Ban

Door to Door Campus, Honda Community Lirik Anak Muda
Vario Goes to Campus
Door to Door Campus, Honda Community Lirik Anak Muda

Jumat Merindu Bersama Babizip, Siap Bantu Sesama Pengguna Piaggio Zip
Baret Biru Zip Scooterhood (Babizip)
Jumat Merindu Bersama Babizip, Siap Bantu Sesama Pengguna Piaggio Zip

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA