Jumat, , 29 Juni 2018 - 13:47 WIB

Upgrade Performa Honda Scoopy FI

Cukup Pake 54 mm, Tarikan Makin Wuenak!

Previous Next

JAKARTA, DS. Soal masak-memasak, Charson jagonya, pria ini profesinya sebagai juru masak alias koki disalah satu hotel di daerah Jakarta Selatan. Enggak hanya itu, Charson juga hobi motor dan doi pengin Honda Scoopy kesayangannya akselerasinya makin ngacir.

Karena kurang ahli soal resep upgrade besutannya, maka diserahkan ke koki mesin yakni, Shutter Speed (SS) daerah Komp. Prima Indah, Daan Mogot, Jakbar, chief Patar Sianipar. Namun, Charson enggak ingin terlalu ekstrem dalam ubahannya dan yang penting enak tarikannya.

“Cukup upgrade seher, noken as custom, piggyback, roller dan knalpot. Selain itu, sokbreker belakang ditunjang sok YSS serta cakram merek KTC. Tujuannya, agar handling lebih nyaman saat bermanuver dan pengereman lebih yahud,” ujar Patar, owner SS.

SILINDER BLOK

Power semakin besar dengan dijejalkan seher Kawasaki Kaze diameter 54 mm. “Enggak usah bore up gede-gede, cukup 54 mm aja (kapasitas mesin naik jadi 125 cc). Kalo payung klep masih orisinalnya dan per klep cuma ditarik biar agak keras,” sambung owner SS yang suka photography.

NOKEN AS

Biar debit bensin yang masuk dan keluar pas, noken as di custom. Durasi perputaran komponen tersebut dibikin 240 derajat. “Hitungan itu masih aman dipakai buat harian maupun turing,” tambahnya.

THROTTLE BODY

Meski ubahannya engggak terlalu besar, mekanik humoris ini menggantikan throttle body pakai Honda Vario 125 plus injektor Honda CB150R. Tujuannya agar asupan yang masuk bisa menyesuaikan permintaan mesin. Sehingga terhindar yang namanya ngelitik dan mesin jebol.

ECU

“Untuk setingan piggyback pake API Tech itu mengikuti mapingan sesuai permintaan mesin dengan mengatur pasokan bensin (afr) diangka 13,2. Selain itu, mesin ini sanggup digeber sampai 13 ribu rpm,” lanjutnya.

CVT

Biar tarikan awal lebih enteng, maka roller diaplikasikan merek TDR dengan berat 10 gram. Begitu juga puli depan pakai merek yang sama dan gak perlu lagi di papas. Sebagai penahan kampas ganda, mekanik SS memasang per CVT milik Kymco standar. “Karena profil part itu lebih keras dan panjang dari orisinalnya,” papar Patar.

KNALPOT

Sebagai pembuangan akhir, maka urusan saluran gas buang masih menggunakan orisinalnya. Namun, biar gak tertahan, beberapa sekat dibuang. Meski plong, suara yang dikeluarkan gak terlalu ngebas alias masih adem. “Karena yang punya scoopy FI itu pengin suara kalem. Tapi, tarikannya ngacir,” tutup Patar.

HASIL

Untuk menghilangkan rasa penasaran, sang koki melakukan pengetesan di atas mesin Dynomite di bengkel UltraSpeed Racing, daerah Daan Mogot, Jakbar. Perubahan tenaga yang dihasilkan cukup signifikan, 13,17 dk saat 8,914 rpm dan tarikan awal alias torsi lebih cepat 12,15 Nm di 8,654 rpm. Kalo melihat power standaran hanya 8,28 dk/8,000 rpm, sementara torsi 8,32 Nm/5,500 rpm.

Mantab kan, braysis!

Shutter Speed (SS) : 0815-11564684

Komentar

Form Komentar

Community

Wih, Riding Modis Ala HPCI
PCX Scooter Ride
Wih, Riding Modis Ala HPCI

Bukber Bareng Komunitas, Scooter Jam Ajak Kebaikan
Scooter Jam
Bukber Bareng Komunitas, Scooter Jam Ajak Kebaikan

Ramadhan Karim, Brisic Blusukan Sapa Anak Yatim
Berau Scoopy Automatic (BRISIC)
Ramadhan Karim, Brisic Blusukan Sapa Anak Yatim

Peringati Hari Buruh Dengan Style Berbeda
Jakarta Mods May Day 2018
Peringati Hari Buruh Dengan Style Berbeda

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA