Selasa, , 20 Januari 2015 - 14:35 WIB

Catatan Acip Setiawan, Eks-Editor Majalah Scooteriz (bagian-1)

Ramuan Anti Ngos-Ngosan, Minerva GTR 170 Tambah Joss..

JAKARTA DS. Keren, gagah dan harga terjangkau, itu jadi opsi ‘ajian pemikat’ PT Minerva Motor Indonesia (MMI) saat menjual skutik gambot GTR 170 di pasar motor Indonesia. Cuma gitu bray, tak sedikit scooterist yang ngerasa skutik ini, powernya masih kurang ‘nendang’. Makanya, menu upgrade performa jadi hal yang diincar para pembeli skutik itu. Lewat tulisan ini, ane coba review lagi ya, bray. Mudah-mudahan bermanfaat.

 

Tembus 120-an Km/Jam

Waktu masih ngurusin Majalah Scooteriz, emang gak sedikit scooterist yang ngirim surat ke redaksi dan minta diturunin artikel soal upgrade performanya skutik MMI itu. Intinya, gak usah yang heboh-heboh dan makan biaya gede, yang penting hasilnya cukup bisa dirasakan buat sehari-hari.

Busi TDR Ballistic 285 Buat GTROkelah, buat gambaran temen-temen sekalian, terutama yang masih atau baru punya GTR 170 dan kepengen bikin tarikannya lebih ‘ngisi’, ane coba kasih referensi yang pernah diterapin sama salah seorang pembaca. Waktu itu, yang garap oprekannya bengkel F-16 Motor di kawasan Jl. Ciledug Raya, Tangerang, Banten.

Awalnya, skutik yang bertampilan futuristik ini top speednya gak bisa tembus di atas 100 km/jam. Tapi setelah dioprek-oprek dan dikasih ‘jamu’ khusus oleh kru F-16 Motor, bisa tembus sampai 120-an km/jam. Ajibbb... kan?

Karburator Keihin PE 28 NSR-SPApa aja menunya? Pertama, pastinya mesin jadi fokus ubahan. Yakni, mengganti piston standarnya dengan milik Honda Tiger berdiameter 63,5 mm. Lalu, dilakukan juga porting dan polishing pada bagian blok mesin. Lubang buang atau exhaust ‘dikerik’ 0,7 mm, terus lubang masuknya ‘digigit’ 0,8 mm. Tak ketinggalan, agar kompresi makin padat, head dipangkas 0,5 mm.

Mesin sudah dioprek, buat ngimbangin kinerjanya, dibutuhin ‘guyuran’ bahan bakar ke ruang bakar lebih maksimal. Makanya, karburator sebagai ruang pengabutan, diperlukan yang agak gede, dan dipakailah PE 28 milik Honda NSR-SP dengan kombinasi spuyer: pilot jet 42 dan main jet 125, lalu dikawinin sama filter udara model ‘ngablak’ bin terbuka alias open filter, hehhee...  

Knalpot Standar GTR 170 DibobokCampuran bahan bakar dan udara udah ‘gemuk’ neh, peranti pengapian juga kudu mumpuni. Poin ini, dipercayain pada CDI BRT yang buat Suzuki Shogun 110. Sementara pemantik apinya, diandalin busi TDR Ballistic 285 yang diformula buat Honda Tiger. Blarr..... blar... blarrrr....

Gak cukup sampe situ bray. GTR 170 ‘oprekan’ ini juga makin dimaksimalin lewat cara pembobokan knalpot standarnya. So pasti, saluran gas sisa pembakaran akan tersalur lancar bin sempurna. Woozzzzz..... wozzz...

Terakhir, tenaga yang udah yahud, pastinya harus bisa disalurin ke roda lebih paten. Sistem transmisi yang memang udah menganut CVT alias continously variable transmission, diutak-atik hanya pada bagian rollernya aja. Aslinya yang punya bobot 14 gram, ditukar pakai dengan ukuran berat 11 gram dari produk Kawahara yang biasa dipakai buat Suzuki Skywave. Hasilnya, tarikan bawahnya jadi lebih galak, bray.

Dari hasil colek sana-sini, sang empunya sempet ngetes itu skutik. Gak sia-sia, konon kabarnya top speed 120-an km/jam, bisa digapai dengan mudah. Gak kayak sebelumnya, 100 km/jam aja gak nyampe dan udah ngos-ngosan. Lumayan lah, akhirnya si GTR 170 itu bisa diajak ngacir dan siap nemenin beragam aktivitas.

Semoga bermanfaat ya, bray.

Foto: Dari berbagai sumber | Join us on social media: twitter @dunia_scooter | fanpage @duniascooter   

 

Komentar

Form Komentar

Community

Kota Pempek Kebagian Jadi Tuan Rumah MAXI DAY!
Maxi Yamaha Day 2017
Kota Pempek Kebagian Jadi Tuan Rumah MAXI DAY!

Hadir di Yamaha Maxi Day, ARCI Tebar Pesonanya
Yamaha Maxi Day Trenggalek
Hadir di Yamaha Maxi Day, ARCI Tebar Pesonanya

Rally Wisata KUTU COMMUNITY Jelajahi Sumatera Barat
KUTU Community
Rally Wisata KUTU COMMUNITY Jelajahi Sumatera Barat

JMO Bantu Korban Bencana Kebakaran Kebon Pala
Bakti Sosial Jakarta Max Owner (JMO)
JMO Bantu Korban Bencana Kebakaran Kebon Pala

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA