Rabu, , 11 Maret 2015 - 12:14 WIB

Kymco Motoplatinum BOX

Kotak Hitamnya Buat Semua Motor

TAIWAN, DS. Sebuah kotak hitam untuk sepeda motor bukan hal tabu lagi bray, bahkan ide ini udah ada selama bertahun-tahun. Malah, sekarang proyek tersebut kembali dan nimbulin perbincangan pro dan kontra, bray. Wah.. ada yang setuju dan ada juga yang gak setuju ternyata.

Dikutip dari autoevolution.com, pabrikan skuter asal Taiwan, Kymco dan operator asuransi asal Italia, 24hAssistance, membuat gebrakan. Yups, mereka nyiptain sebuah kotak hitam yang diberi nama Kymco Motoplatinum BOX, sebuah perangkat yang akan dijual buat setiap pengendara dan udah tersedia per-5 Maret 2015 lalu, bray.

Tampaknya, perangkat ini akan diproduksi secara massal dan terutama untuk kendaraan roda dua, termasuk skuter, bray. Info tentang kotak hitam itu masih cukup langka untuk sementara ini, bray. Sebab, apakah Motoplatinum BOX ini cuma bakal terbaca di semua line-up Kymco atau akan berfungsi juga untuk skuter dan sepeda motor lainnya.

Nah, itu masalah utamanya. Modus sistem yang bekerja dari Motoplatinum BOX enggak membawa sesuatu yang baru, bray. Kotak hitam yang sarat dengan sensor, harusnya memberi informasi mengenai parameter tertentu lain, seperti kecepatan, akselerasi, pengereman dan benturan. Perangkat ini juga menggabungkan GPS dan modul komunikasi yang memungkinkan pengendara serta polisi, mudah melacak sepeda motor dalam kasus apapun, misalnya seperti pencurian, bray.

Namun, pembuat kotak hitam ini mengatakan, perangkat ini hanya dapat mencatat dalam kasus kecelakaan. Catatan waktu ini termasuk saat sebelum dan setelah kecelakaan, dan belum termasuk data lainnya yang telah tercatat, bray. Kymco ngungkapin, bahwa baik polisi maupun perusahaan asuransi bisa ngegunain kotak hitam ini untuk mendeteksi kemungkinan para pemilik sepeda motor berkendara secara ilegal, seperti ngebut dan lainnya.

24hAssistence memberi rabat yang signifikan bagi pengendara yang setuju untuk menginstal Motoplatinum BOX ini pada sepeda motor mereka, bray. Diskon ini bisa mencapai 47% untuk asuransi wajib dan selanjutnya 30% untuk asuransi pencurian.

Kemungkinan untuk menemukan kendaraan yang dicuri atau mencegah pencurian, perangkat dari Kymco ini mempunyai peran penting lainnya. Kymco bakal ngirim SMS dan email ke kontak yang telah ditetapkan sebagai alarm, bray. Jadi pada dasarnya, kalo loe markirin motor di tempat tertentu, terus seseorang ngutak-atik kendaraan loe, maka loe bakal nerima kiriman SMS dan dengan begitu, loe bisa menindak pada waktu yang tepat sebelum pencuri berhasil membawa motor loe, bray.

Tapi, sekali lagi nih bray, apakah Kymco Motoplatinum BOX ini harus membutuhkan kartu sim ponsel atau bekerja pada sistem komunikasi berbasis langganan proprietary, untuk hal semacam itu sejauh ini informasinya masih belum dapat diketahui, atau dengan kata lain belum jelas, bray.

Teks: Dimas (dimas.back13@yahoo.com) | Foto: Autoevolution.com | Gabung DS di Fanpage: Dunia Scooter n Follow: @dunia_scooter

Komentar

Form Komentar

Community

Upaya Lindungi Generasi Penerus, Kutu Lombakan Mewarnain Helm Anak
Kutu Community
Upaya Lindungi Generasi Penerus, Kutu Lombakan Mewarnain Helm Anak

Rayakan HUT ke-7, HPCI Serukan Safety Riding
HUT Honda PCX Club Indonesia
Rayakan HUT ke-7, HPCI Serukan Safety Riding

Baksos Sekaligus Jajal Ketangguhan Ban
FDR Peduli Lombok
Baksos Sekaligus Jajal Ketangguhan Ban

Door to Door Campus, Honda Community Lirik Anak Muda
Vario Goes to Campus
Door to Door Campus, Honda Community Lirik Anak Muda

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA