Jumat, , 24 Juli 2015 - 13:46 WIB

KTM & Piaggio

Dengan Dana Rp 1,1 Kuadriliun, KTM-Piaggio Bakal Bangun Skuter Roda 4

ITALIA, DS. Sebuah proyek besar lagi dikerjain KTM dan Piaggio, bray. Proyek ini bernama Range of Electric Solution L-category Vehicles (Resolve), dimana KTM dan Piaggio dipilih sebagai dua produsen kendaraan yang dipercaya mampu membuat sebuah skuter roda empat bertenaga listrik ramah lingkungan dengan fleksibilitas tinggi di sejumlah negara Uni Eropa.

Seperti yang dikutip dari Gizmag.com, proyek ini telah berlangsung sejak per 01 Mei 2015 lalu dan ditargetkan proyek ini akan kelar tepat 01 Mei 2018, bray. Proyek ini juga bagian dari program Horizon 2020 yang diusung oleh Komisi Eropa, yang bertujuan untuk efisiensi, meminimalisir polusi dan kemacetan di sejumlah kota di negara Uni Eropa.

Ilustrasi: Piaggio MP3 Hybrid 300 i.e LT

Volume polusi dan kemacetan yang kian meningkat di beberapa kota besar di negara-negara Eropa, menjadi titik fokus dalam proyek ini. Pasalnya, pihak berwenang udah sering berusaha keras nyari solusi, contohnya kayak ngebatesin akses ke pusat kota dengan kendaraan mobil yang berujung kemacetan. Kejadian tersebut kerap terjadi di kota besar seperti Roma (Italia), Athena (Yunani), London (Inggris), dan Amsterdam (Belanda).

Bahkan, European Association of Motorcycle Manufacturers (ACEM), udah lama berkampanye untuk kendaraan roda dua sebagai solusi yang tepat untuk mengurangi kemacetan, tapi upaya ini enggak berdampak signifikan dimana penjualan kendaraan khusus roda dua di Eropa masih relatif kecil kalo dibandingin dengan mobil, bray.

Masuknya solusi Resolve dengan dana fantastis sebesar 80 miliar Euro atau setara dengan Rp 1,1 Kuadriliun, tentu mereka berharap proyek ini menjadi jawaban tepat meskipun saat ini semua kendaraan di Eropa telah mengusung standar efisiensi Euro 3, bahkan Euro 4.

Ilustrasi: Piaggio MP3 Hybrid 300 i.e LT

Biaya tersebut akan digunakan untuk membuat sebuah skuter listrik dengan roda empat, dimana KTM dan Piaggio akan berduet dengan beberapa perusahaan dan universitas terkenal di Eropa untuk membangun proyek besar ini. Sebut aja Magneti Marelli untuk sebuah Software ECU kendaraan ini nantinya dan University Of Warwick yang berada di Inggris.

Resolve bermaksud untuk penghematan biaya bagi pengendara, hemat listrik dengan kendaraan L-category (ELV) ini, dan dengan target utama untuk menarik pengendara mobil agar beralih pada kendaraan rancangan KTM dan Piaggio ini. Nantinya, kendaraan ini bakal hadir dengan dua kategori, yakni L2e (light tricycles) dan L6e (light quadricycles). Dua-duanya akan dirancang dengan kecepatan maksimum gak lebih dari 45 km/jam (28mph) dan daya maksimum di bawah 4 kW (5,36 hp).

Menurut Komisi Eropa, proyek ELV dilihat sebagai alternatif yang valid untuk menggantikan mobil karena ukurannya yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan, bray. Sekilas gambaran, nantinya skuter roda empat bertenaga listriknya ini besar kemungkinan berteknologi hampir sama dengan Piaggio MP3 Hybrid 300 i.e, bray.

Udah kebayang dong, gimana jadinya skuter roda empat ini nantinya?

Teks: Dimas (dimas.back13@yahoo.com) | Foto: Gizmag.com | Follow Duniascooter.com at Fanpage: Dunia Scooter n Twitter: @Duniascooter_DS

Komentar

Form Komentar

Community

Sensasi Penutupan Tahun Ala PVN
Satu Dekade Paguyuban Vario Nusantara
Sensasi Penutupan Tahun Ala PVN

Menjalin Silaturahim Itu Penting, Bray
Turing Indonesia Max Owner
Menjalin Silaturahim Itu Penting, Bray

Eratnya Tali Persaudaraan Maxi Surabaya
City Rolling ARCI Surabaya & ARCI Sidoarjo
Eratnya Tali Persaudaraan Maxi Surabaya

UPS Peduli Sesama; Bantu Pembebasan Tanah Wakaf
Anniversary 9th of Universitas Pamulang Scooter
UPS Peduli Sesama; Bantu Pembebasan Tanah Wakaf

AGENDA

Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!
Honda Modif Contest (HMC) 2016
Biar Lebih Siap Prepare, Catet Jadwal Lengkap HMC 2016, Nih!

Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe
Agenda Libur Nasional dan Cuti Bersama
Para Petouring, Mulai Sekarang Buat List Destinasi Tujuan Loe

Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot
Agenda Balap Minggu 1 Desember
Manjakan Mata Dengan Kepulan Asap Knalpot

Race vs Modificontes
Agenda Minggu IV Mei 2015
Race vs Modificontes

SURAT PEMBACA